TIPS

Cara Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa untuk studi di laur negeri adalah mimpi besar para pejuang kuliah. Namun, pengajuan beasiswa tidak selalu mudah. Perguruan tinggi biasanya hanya memberikan beasiswa kepada beberapa siswa yang kuat secara akademis. Karena itu, jika Sobat mau mencoba daftar beasiswa atau ingin mengantongi beberapa beasiswa, simak tips berikut ini.

Apa itu beasiswa?

Beasiswa

Beasiswa adalah bantuan finansial yang diberikan perguruan tinggi kepada siswa yang baik secara akademis. Ini juga merupakan bentuk penghargaan. Beasiswa juga bertujuan untuk membantu siswa yang lemah secara finansial yang mungkin tidak mampu membayar biaya kuliah yang mereka tempuh.

Mengapa daftar beasiswa?

Seperti disebutkan sebelumnya, beasiswa dimaksudkan untuk diberikan kepada siswa yang mungkin tidak mampu membayar biaya kuliah tetapi secara akademis baik. Namun, beasiswa juga dapat diberikan ke mahasiswa yang berprestasi secara akademik meskipun kondisi finansialnya terjamin.

Dokumen apa yang diperlukan untuk mengajukan beasiswa?

Sebelum Sobat dapat diberikan beasiswa, panitia seleksi perlu memverifikasi apakah Sobat memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa. Untuk ini, mereka membutuhkan banyak dokumen dan skor untuk menentukan apakah Sobat dapat lolos dalam program beasiswa yang Sobat lamar. Dokumen yang diperlukan dapat bervariasi antara program beasiswa, tetapi berikut adalah daftar dokumen yang biasanya diminta:

Nilai Sarjana / Nilai Ijazah: Jika kalian mendaftar untuk program Sarjana, siapkan transkrip nilai SMA/SMK sobat, jangan lupa siapkan pula nilai Ijazah. Untuk pendaftaran jenjang master atau doktor, sertakan nilai akademis berupa IPK. Nilai IPK akan menjadi perhatian para panitia seleksi sehingga mereka dapat menilai potensi Sobat dan melihat apakah Sobat layak mendapatkan beasiswa.

Skor GMAT atau GRE: Pelamar yang memiliki skor lebih rendah dari skor ambang batas sering ditolak. Beberapa universitas menerapkat persyaratan skor minimum, beberapa tidak. Biasanya skor di persentil 10 hingga 15 teratas memberi peluang lebih tinggi meraih beasiswa.

Surat rekomendasi: Surat rekomendasi merupakan dokumen yang sangat penting. Ini membantu anggota panitia seleksi melihat bagaimana pribadi Sobat. Terkadang, jika referensi Sobat membagikan sesuatu yang menarik terkait dengan tujuan dan studi Sobat, itu akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Pengalaman profesional: Pernyataan ini membantu komite mengakui kemampuan Sobat untuk mengatasi akademisi dan proyek yang harus Sobat lakukan selama masa pendidiikan Sobat.

Setiap makalah atau teks penelitian yang diterbitkan: Meskipun tidak terlalu dibutuhkan, namun ini membantu profil Sobat karena ini menunjukkan bahwa Sobat meluangkan waktu untuk melakukan beberapa pekerjaan penelitian yang layak diterbitkan dan mencitrakan semangat yang tinggi terhadap studi.

Mendapatkan beasiswa menjadi prioritas utama bagi setiap siswa yang mendaftar kuliah di luar negeri. Ini bertindak sebagai sumber uang gratis untuk prestasi akademik Sobat, juga memberi Sobat beberapa pengakuan.

Ada banyak program beasiswa internasional yang tersedia untuk membantu siswa. Banyak universitas juga menyediakan program beasiswa mereka sendiri. Pastikan untuk membaca pedoman, aturan, dan kriteria kelayakan sebelum mengajukan permohonan beasiswa untuk menghindari kebingungan di kemudian hari.

Kita semua ingin meraih beasiswa maksimal untuk masuk ke perguruan tinggi. Tapi berapa banyak dari kita yang benar-benar mencapainya? Tidak banyak. Tetapi ada beberapa siswa jenius seperti Michael Brown, yang meraih bukan hanya satu, atau dua atau tiga, tetapi 20 beasiswa, semuanya dari 20 perguruan tinggi terbaik. Baca kisah inspiratif Michael Brown: Remaja Amerika dengan Beasiswa 20 Perguruan Tinggi Terbaik senilai Rp.3,6 Milyar.

Jenis Beasiswa

Sebelum Sobat mulai berburu, lihat jenis beasiswa yang tersedia. Secara umum beasiswa diklasifikasikan ke dalam empat jenis, yaitu:

Beasiswa yang Ditawarkan oleh Pemerintah

Biasanya pemerintah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi tertentu untuk penyaluran Beasiswa. Nah beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia ada banyak macam, seperti Beasiswa Unggulan, Beasiswa Mendikbudristek, LPDP, SISGP, dan sebagainya.

Adapula beasiswa yang ditawarkan negara tujuan, seperti Fullbright-Nehru Fellowships, Commonwealth Scholarship and Fellowship, Inlak Shivdasani Scholarships, dan banyak lagi.

Dikutp dari usnews.com, berikut Ini sepuluh universitas teratas yang menawarkan bantuan paling banyak (tahun ajaran 2020-2021): Universitas Kolombia, Skidmore College, Universitas Stanford, Kolese Amherst, Kolese Trinity, Universitas Chicago, Kolese Williams, Universitas Yale, Universitas Harvard, dan Dartmouth College.

Beasiswa yang Ditawarkan oleh Dermawan dan Organisasi Swasta

Banyak perusahaan terkemuka yang menawarkan beasiswa, diantaranya The Reliance Foundation, Tata Group, Sun Foundation, dan Aditya Birla Group. Kesempatan kamu meraih beasiswa semakin besar, Sobat.

Beasiswa yang Ditawarkan sebagai hibah penelitian (untuk studi doktoral).

Tak hanya untuk program Sarjan atau Master, para pejuang kuliah yang akan melakukan studi doktoral juga punya peluang untuk meraih beasiswa.

Cara Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Teruntuk kamu yang baru lulus SMA dan ingin kuliah di luar negeri dengan beasiswa, dan teruntuk kamu yang lulus Sarjana atau Pascasarjana dan mau melanjutkan pendidikan dengan beasiswa. Tidak perlu bingung, yuk simak panduan lengkap cara mendaftar beasiswa luar negeri full berikut ini:

1. Cari Beasiswa yang tersedia

Setelah paham mengenai berbagai macam beasiswa yang sudah kami paparkan diatas, mulailah mencari info beasiswa, triknya gunakan google dan ketik “International Scholarship 2021”, “International scholarship for Indonesian”, “Full scholarsip for international students”, “Beasiswa luar negeri”, atau coba variasi kata kunci lainnya.

Selanjutnya silahkan sesuai dengan kriteria Sobat, seperti tingkat studi, perguruan tinggi dan mata kuliah yang relevan dengan latar belakang Sobat.

Terkadang persaingan untuk mendapatkan beasiswa sangat ketat – Untuk meningkatkan peluang Sobat mendapatkannya, pastikan permohonan beasiswa sobat memenuhi syarat.

2. Periksa Apakah Sobat Memenuhi Syarat

Sebagian besar beasiswa Luar Negeri mengharuskan Sobat lolos masuk ke Universitas. Sebelum Sobat dapat mengajukan permohonan beasiswa apa pun, Sobat harus menyelesaikan tahap pertama pendaftaran Sobat ke Universitas. Silahkan terlebih dahulu baca cara mendaftar kuliah di luar negeri.

Namun jangan khawatir, ada juga mempersilahkan apply beasiswa dulu meski belum lolos di universitas tujuan. Penyedia beasiswa biasanya memiliki kebijakan berbeda.

Sobat juga perlu memastikan bahwa diri sobat memenuhi standar persyaratan apa pun. Beberapa beasiswa memiliki persyaratan khusus seperti:

  • Jenis kelamin, usia, atau etnis tertentu
  • Lokasi tertentu atau kelompok khusus
  • Memiliki keunggulan akademik atau olahraga
  • Berniat untuk belajar di bidang tertentu atau pada tingkat tertentu

Sangat penting untuk membaca peraturan beasiswa dengan cermat untuk memastikan Sobat memenuhi kriteria.

Untuk mempersiapkan diri dengan baik, buatlah daftar semua beasiswa yang menurut Sobat layak untuk dilamar dan dapatkan informasi sebanyak mungkin tentang beasiswa dengan membaca peraturan.

Jika beasiswa memerlukan proyek tertentu, cari tahu tujuan lengkap dan metodologi proyek yang dimaksud.

Jika beasiswa didanai oleh perusahaan swasta, cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan tersebut, seperti filosofi dan tujuannya.

3. Periksa Batas Waktu Pendaftaran

Batas pendaftaran beasiswa sangat bervariasi. Silahkan cari informasi sebanyak mungkin untuk memperkirakan batas waktu pendaftaran untuk tiap program beasiswa.

4. Kumpulkan Berkas Sobat

Untuk mengajukan sebagian besar beasiswa, Sobat harus mengisi formulir dan menyediakan dokumen untuk mendukung pendaftaran Sobat. Sobat mungkin juga diminta untuk menghadiri wawancara dengan panel seleksi.

Beberapa hal yang mungkin diminta ketika pendaftaran adalah:

  1. Bukti kewarganegaraan atau status tempat tinggal (misalnya akta kelahiran, paspor)
  2. Bukti keterlibatan masyarakat, kesulitan keuangan atau latar belakang etnis
  3. Transkrip nilai atau catatan akademik

5. Lengkapi pendaftaran Sobat

Ingatlah bahwa Sobat mencoba membuktikan bahwa Sobat layak mendapatkan dukungan finansial. Panel pemilihan perlu melihat bahwa Sobat memiliki sesuatu yang istimewa untuk ditawarkan. Ingat tips ini saat menyelesaikan pendaftaran Sobat:

  1. Pastikan Sobat telah menyediakan semua yang diminta dan melampirkan dokumen yang diminta.
  2. Berikan CV hanya jika diminta secara khusus.
  3. Tanda tangani dan beri tanggal pada ketentuan privasi.
  4. Jika Sobat bisa, cari tahu tentang organisasi yang memberikan beasiswa dan cobalah untuk menyesuaikan aplikasi Sobat sesuai dengan visi dan tujuan mereka.
  5. Kirim pendaftaran Sobat jauh sebelum atau pada tanggal penutupan. Panel seleksi menerima banyak pendaftaran dan seringkali kejam dalam proses eliminasi.
  6. Berikan detail kontak yang akurat dan terkini – terkadang beasiswa yang berhasil hilang karena kandidat tidak menanggapi tawaran dalam waktu yang cukup karena alamat email mereka salah atau mereka sedang berlibur dan beasiswa kemudian ditawarkan kepada kandidat lain.
  7. Pastikan bahwa semua informasi yang diminta diberikan pada tanggal penutupan. Sobat mungkin perlu memberikan akta kelahiran, nilai akademik, informasi keuangan, dan sebagainya.
  8. Sertakan surat rekomendasi, ini berupa pernyataan tertulis tentang kemampuan Sobat yand diberikan oleh guru atau dosen yang menilai kemampuan akademis dan/atau non-akademis sobat selama mengikuti kegiatan perkuliahan atau pembelajaran di institusi pendidikan atau perguruan tinggi yang bersangkutan. Tidak harus dari tempat kamu menempuh kuliah, silahkan pilih orang yang menurut sobat tepat.

6. Proses seleksi

Sebagian besar beasiswa dipilih berdasarkan kemampuan akademik maupun surat rekomendasi. Namun, beberapa akan membutuhkan wawancara. Jika wawancara diperlukan, Kantor Beasiswa akan memberi tahu Sobat.

Jumlah panitia seleksi bervariasi sesuai dengan beasiswa. Proses seleksi biasanya memakan waktu enam sampai delapan minggu tetapi mungkin memakan waktu lebih lama. Sobat akan menerima pemberitahuan hasil secara tertulis/email setelah pemilihan final.

Setelah membaca artikel ini, kami harap sobat tidak bingung lagi soal apa itu beasiswa luar negeri, dan bagaimana cara mendapatkannya. Kami harap semoga kalian meraih apa yang kalian dambakan. Semangat.

Back to top button