TEKNOLOGI

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin yang Wajib Dipahami

Dalam sektor keuangan, bitcoin merupakan salah satu bentuk Cryptocurrency merupakan salah satu alat transaksi digital. Namun tak banyak dari anda yang mengetahui apa kelebihan dan kekurangan bitcoin yang wajib dipahami.

Dikalangan masyarakat banyak yang menganggap bahwa bitcoin dan kemiripan. Pada kenyataanya keduanya memiliki perbedaan. Untuk itu, perlu bagi anda menambah wawasan mengenai kelebihan dan kekurangan bitcoin yang wajib dipahami.

Saat ini semakin hari bitcoin memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga banyak para pecinta trading digital yang membeli dan menjual kembali bitcoin mereka.

Sebagai pemula dalam dunia trading digital maka anda perlu mengetahui bahwa bitcoin ini sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan bitcoin yang wajib dipahami.

Hal ini sangat berguna untuk anda agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak anda inginkan di kemudian hari. Tentu anda tidak mau kan jika hal buruk terjadi pada transaksi trading digital anda?

Untuk itu simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan bitcoin yang wajib dipahami sebagai berikut.

5 Kelebihan Bitcoin yang Wajib Dipahami

Aman dari Pemalsuan

Seperti yang anda ketahui bahwa bitcoin merupakan mata uang virtual yang tidak memiliki wujud, sehingga bitcoin tidak akan bisa dipalsukan sampai kapanpun.

Hal ini berbeda dengan uang rupiah. Ia memiliki wujud fisik sehingga bukan tidak mungkin akan ada oknum yang membuat uang rupiah palsu.

Tak hanya itu, bitcoin juga memiliki aturan dalam kriptografinya sehingga akan menghindarkan anda dari risiko.

Tabungan

Jika anda sudah memiliki bitcoin maka anda sudah memiliki tabungan dimana dengan tabungan bitcoin tersebut tidak merepotkan dalam hal sistem tabungan.

Seperti yang anda ketahui, tabungan konvensional biasanya menerapkan biaya administrasi, registrasi, maupun biaya layanan.

Nah, berbeda dengan bitcoin yang tidak membebankan anda dengan biaya-biaya seperti pada tabungan konvensional.

Tidak Dimiliki Negara Manapun

Kelebihan yang dimiliki bitcoin adalah tidak dimiliki oleh negara manapun. Tentu hal ini menjadi keuntungan bagi anda para pemilik bitcoin. Mengapa demikian?

Karena negara tidak turun langsung atau bertanggung jawab dalam dalam menangani bitcoin. Sehingga kurs dari bitcoin tidak ditentukan oleh pemerintah sebagaimana uang nyata.

Jika uang nyata kursnya ditangani oleh pemerintah serta berkuasa dalam pengelolaan uang tersebut, maka hal ini tidak berlaku di bitcoin.

Pelindung Inflasi

Diatas telah disebutkan bahwa bitcoin tidak dipengaruhi oleh pemerintah di beberapa negara sehingga bitcoin tidak akan terpengaruh apapun. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena bitcoin tidak terpengaruh apapun, maka bitcoin dapat menjadi pelindung inflasi. Inflasi merupakan proses kenaikan harga yang terus menerus.

Bitcoin ini sama halnya dengan emas, keduanya bisa dijadikan sebagai pelindung inflasi dimana berguna untuk menekan laju inflasi yang berlebihan.

Mata Uang Global

Perlu anda ketahui bahwa bitcoin tidak hanya ada di Indonesia, namun juga ada di hampir seluruh negara. Untuk itu bagi anda yang memiliki bitcoin sama artinya dengan anda memiliki mata uang global.

Salah satu contoh penggunaan bitcoin adalah tebusan yang dilakukan oleh RS. Kanker Dharmais untuk penyebar Ransomeware WannaCry virus. Pihak rumah sakit perlu membayar puluhan juta dengan bitcoin untuk membuka data di komputer.

Setelah anda mengetahui 5 kelebihan bitcoin yang wajib dipahami diatas, maka perlu juga bagi anda mengetahui kekurangan bitcoin yang wajib dipahami sehingga dapat meminimalisir kemungkinan buruk bisa terjadi.

5 Kekurangan Bitcoin yang Wajib Dipahami

Alat Pencucian Uang

Seperti yang anda ketahui sebelumnya bahwa bitcoin tidak dipengaruhi oleh pemerintah sehingga hal ini bisa menjadi sasaran untuk pencucian uang.

Tak hanya itu, karena peran pemerintah yang kurang ini seringkali beranggapan bahwa bitcoin ini tidak bernilai.

Penggunanya Masih Terbatas

Dibandingkan dengan mata uang konvensional, pengguna mata uang bitcoin masih terbatas. Sehingga menjadi kekurangan bitcoin dalam hal transaksi menggunakan bitcoin.

Namun anda tidak perlu khawatir, beberapa perusahan sudah menerima bitcoin sebagai alat pembayarannya, antara lain Microsoft, AT&T, Overstock.com, dan Dish Network.

Rawan Diretas

Seperti yang anda tau mata uang bitcoin merupakan uang virtual, sehingga bitcoin tersimpan di dalam file digital. Media penyimpanan tersebut disebut dengan wallet file.

Harddisk merupakan alat elektronika dimana wallet tersebut disimpan. Sehingga apabila harddisk tersebut terkena virus ataupun mengalami kerusakan maka bitcoin yang tersimpan di wallet rentan untuk hilang.

Tak hanya itu, uang bitcoin bisa diretas jika terkena malware. Sehingga uang bitcoin yang hilang sulit ditelusuri jika tidak sengaja terhapus oleh oknum tersebut.

Tidak ada Asuransi

Bitcoin belum tercakup dalam perlindungan Securities Investor Protection Corporation atau SIPC. Securities Investor Protection Corporation ini merupakan perlindungan asuransi terhadap investor sekuritas.

Harga Tidak Stabil

Bitcoin termasuk mata uang yang tidak stabil. Mengapa demikian?

Karena harga bitcoin dipengaruhi oleh spekulan yang keluar masuk ke dalam pasar bitcoin. Sehingga harga bitcoin cenderung tidak stabil karena adanya hal tersebut.

Sekian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan bitcoin yang wajib dipahami, semoga ulasan ini menjadi pertimbangan bagi anda sebelum masuk ke dunia uang virtual ini.

Back to top button